Mengenal Jenis - Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil
Mengenal Jenis - Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil - Sejak mobil pertama kali dibuat, sistem penggerak roda mobil merupakan mekanisme yang tidak pernah berhenti dikembangkan. Sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda, mekanisme penggerak roda mobil menjadi suatu perangkat yang penting untuk menentukan performa sebuah mobil.
Pengendalian, kestabilan, efisiensi, hingga kemampuan jelajah kendaraan bisa ditentukan dari proses konfigurasi sistem penggerak pada mobil tersebut. Pada aplikasinya, sistem penggerak roda mobil disesuaikan dengan jenis bodi mobil tersebut.
Pada umumnya, terdapat beberapa jenis sistem penggerak roda mobil, yang mana pada setiap sistem penggerak roda tersebut memiliki perbedaan. Tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjaga dan juga mendukung performa kendaraan tersebut.
Jenis - Jenis Sistem Penggerak Roda Pada Mobil
1. Sistem Penggerak Roda Depan (FF / FWD)
Transmisi yang berfungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin, langsung menyalurkan tenaga pada kedua bagian poros roda yang berada di bagian sisi kanan dan juga bagian sisi kiri pada mesin.
Oleh karena itu, layout mesin mobil penggerak depan (FF / FWD) ini diposisikan transversal (melintang) pada bagian ruang yang ada pada mesin. Komponen sistem pemindah tenaga meliputi :
- Kopling (clutch).
- Transmisi (transmission).
- Differential.
- Front axle dan roda (wheel).
2. Sistem Penggerak Roda Belakang (FR / RWD)
Sistem penggerak roda belakang memanfaatkan roda yang berada di bagian belakang mobil sebagai pusat penyaluran tenaga. Distribusi tenaga dari mesin yang berada dibagian depan mobil dilakukan melalui poros kopel (drive shaft) dari transmisi ke gardan (differential) yang akan memutar poros roda.
Pada model ini distribusi bobot perangkat penghasil daya (mesin) dan sistem penggerak tentu menjadi lebih tersebar di seluruh sisi mobil. Hasilnya momen pada mobil anda akan lebih mudah mendapatkan momentum untuk bergerak jika dibandingkan dengan sistem penggerak roda depan.
Umumnya sistem penggerak ini dimanfaatkan kendaraan dengan bobot yang berat ataupun yang diperuntukkan megangkut beban yang banyak. Seperti Mercedez - Benz dan BMW misalnya. Jenis mobil ini merupakan mobil yang memiliki bobot yang berat akibat material bodi dan perangkat mewah yang diaplikasikan pada mobil tersebut.
Komponen-komponen sistem pemindah tenaga meliputi :
- Kopling (clutch).
- Transmisi (transmission).
- Drive shaft / propeller shaft.
- Differential.
- Rear axle dan roda (wheel).
3. Sistem Penggerak Empat Roda (4-WD / 4x4)
Kendaraan 4-WD (Four Wheel Drive) juga dapat diklasifikasikan sebagai penggerak roda tipe FF (Front-engine Front-wheel drive) / FWD (Front Whell Drive).
Selain itu tipe 4-WD ini juga dapat diklasifikan sebagai tipe FR (Front-engine, Rear-wheel drive) / RWD (Rear Wheel Drive).
Komponen-komponen sistem pemindah tenaga meliputi :
- Kopling(clutch)
- Transmisi (transmission)
Transfer terbagi menjadi dua :
- Pertama ke front drive shaft (front propeller shaft), front differential, front axle dan roda depan (front wheel)
- Sedangkan yang kedua ke rear drive shaft, rear differential, rear axle dan roda belakang (rear wheel).
4. Sistem Penggerak Seluruh Roda (AWD)
Berapa model mobil yang mengaplikasikan sistem ini diantaranya Lancer Evolution, Nissan GTR, Audi atau Subaru Impreza menggunakan sistem ini.
5. Sistem Penggerak Roda Belakang Dengan Mesin Di Belakang (RR)
Mobil dengan mesin di belakang dengan sistem penggerak roda belakang dinamakan tipe RR (Rear Engine Rear Drive). Pemindah tenaga kendaraan tipe ini sama dengan tipe Front Engine Front Drive (FF / FWD).
Komponen - komponen sistem pemindah tenaga meliputi :
Komponen - komponen sistem pemindah tenaga meliputi :
- Kopling (clutch)
- Transmisi (transmissions)
- Differential
- Rear axle dan roda (wheel).
Komentar
Posting Komentar